Indonesia Pemilik Tanaman Herbal Terbesar Kedua di Dunia

Gustia Martha Putri – Okezone

PENGOBATAN cara nenek moyang atau pengobatan tradisional menggunakan obat-obatan herbal mulai kembali banyak diincar di era modern ini. Masyarakat Indonesia patut bersyukur karena negaranya memiliki potensi tinggi dalam bidang pengobatan herbal.

Indonesia yang beriklim tropis merupakan negara dengan keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia setelah Brasil. Indonesia memiliki sekira 25.000 hingga 30.000 spesies tanaman yang merupakan 80 persen dari jenis tanaman di dunia dan 90 persen dari jenis tanaman di Asia.

“Sebanyak 940 spesies di antaranya berpotensi untuk dikembangkan menjadi tanaman obat. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara terkaya di dunia dalam cadangan plasma nuftah tanaman obat. Spesies tanaman yang telah terdaftar di BPOM dan digunakan oleh industri obat tradisional saat ini baru mencapai 283 tanaman,” tutur Dr. Abidinsyah Siregar, DHSM, MKes, Direktur Bina Pelayanan Kesehatan Tradkom, Kemkes RI, usai media workshop bertema Hidup Sehat dengan Herbal di kawasan Adityawarman, Jakarta, Kamis (12/7/2012).

Dalam dekade ini, lanjutnya, di tengah banyaknya jenis obat modern di pasaran dan munculnya berbagai jenis obat modern yang baru, terdapat kecenderungan global untuk kembali ke alam (back to nature). Adapan faktor yang mendorong masyarakat untuk mendayagunakan obat bahan alami, antara lain mahalnya harga obat modern atau sintesis dan banyaknya efek samping.

“Faktor edukasi dan publikasi melalui media massa juga ikut berperan dalam meningkatkan penggunaan obat tradisional ini. Karena penggunaan obat tradisional saat ini tidak saja berlangsung di desa-desa yang tidak memiliki fasilitas kesehatan dan obat modern, tapi juga berkembang pesat di kota-kota besar. Obat tradisional digunakan sebagai obat alternatif yang melengkapi pengobatan modern,” jelas Abidinsyah.

Strategi pengembangan dan pemanfaatan obat tradisional Indonesia meliputi tiga segmen, yaitu jamu, sediaan ekstrak terstandar, dan sediaan fitofarmaka (obat dari bahan alami tanaman obat). Upaya yang dilakukan oleh pemerintah saat ini telah mengarahkan obat tradisional pada bidang pelayanan kesehatan formal, di mana sebanayk 40 rumah sakit di seluruh Indonesia telah mendapatkan izin pelayanan kesehatan obat tradisional, dan para dokter pun diperlengkapi dengan pendidikan sertifikasi praktik pelayanan obat tradisional.
(tty)

Sumber: http://health.okezone.com/read/2012/07/12/482/662587/indonesia-pemilik-tanaman-herbal-terbesar-kedua-di-dunia

 

Tentang ipbkpm

Mengabdi sampai akhir bagi kesejahteraan rakyat Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Info Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s