Tidak Cukup Minum Air Setiap Harinya? Atasi dengan 8 Cara Ini

Linda Mayasari – detikHealth

Jakarta, Anda dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi. Tetapi beberapa orang merasa kesulitan untuk memenuhi anjuran tersebut.

Berikut 8 hal yang dapat Anda lakukan agar minum lebih banyak air, seperti dilansir ivillage, Senin (16/7/2012) antara lain:

1. Tetapkan jadwal

JIka Anda kesulitan untuk minum lebih banyak air, bangunlah rutinitas dengan menetapkan jadwal untuk minum. Minumlah satu hingga dua gelas air ketika Anda bangun tidur di pagi hari. Segelas lagi ketika menjelang siang, di saat makan siang, di sore hari dan seterusnya hingga malam hari.

Jika diperlukan, Anda dapat mengatur alarm pada handphone atau komputer untuk mengingatkan Anda agar tetap terhidrasi dengan minum lebih banyak air.

2. Beri rasa pada minuman Anda

Rasa air putih yang tawar mungkin kurang menarik bagi Anda, sehingga Anda hanya minum sedikit air setiap harinya. Anda dapat menambahkan perasan air jeruk, daun mint, atau irisan buah lemon untuk memberikan rasa pada air putih.

Minum air putih dengan perasa alami ini lebih sehat daripada minum minuman yang mengandung pemanis buatan seperti soda dan minuman kemasan lainnya. Pertimbangkan juga untuk memilih air dingin atau hangat. Beberapa orang menyatakan lebih mudah minum air yang dingin, sementara lainnya lebih suka minum air pada suhu kamar.

3. Pertimbangkan minum minuman sehat lainnya

Jika Anda tetap kesulitan untuk minum air putih hingga 8 gelas per hari, Anda dapat memilih minuman lain seperti teh herbal, susu rendah lemak dan jus buah atau sayuran.

4. Bawalah botol minum portabel kemanapun Anda pergi

Bawalah botol air minum ke tempat kerja atau jika Anda sedang berada di perjalanan. Dengan menyediakan air minum, Anda dapat menghindarkan diri dari dehidrasi.

5. Pilih makanan yang mengandung banyak air

Sebagian besar makanan mengandung air dan Anda mendapatkan asupan air sebanyak 20 persen dari makanan. Meskipun tidak ada cara untuk mengukur seberapa banyak cairan yang Anda dapatkan dari makanan, Anda dapat meningkatkan asupan cairan dengan makan lebih banyak buah dan sayur.

Buah dan sayuran memiliki kandungan air yang tinggi. Cobalah melon, jeruk, tomat, dan seledri, serta makanan yang mengandung air seperti sup, oatmeal, dan yogurt.

6. Minumlah ketika Anda sedang lapar atau lelah

Seseorang akan merasa benar-benar lapar ketika dirinya sedang kehausan. Anda juga dapat mengambil manfaat dari minum ketika Anda sedang lelah, karena kelelahan bisa menjadi tanda dehidrasi ringan.

7. Tetap terhidrasi ketika Anda sedang olahraga

Dalam satu jam latihan, Anda bisa kehilangan lebih dari satu liter air tergantung pada suhu dan intensitas latihan. Selalu sediakan air putih ketika akan berolahraga untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

8. Periksa kemajuan Anda

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah Anda cukup terhidrasi adalah dengan melihat warna air seni Anda. Jika warna air seni Anda gelap atau Anda tidak akan ke kamar mandi setiap beberapa jam, artinya Anda tidak mendapatkan cukup air.

Selain itu, jika Anda mengalami tanda-tanda umum dari dehidrasi seperti mulut kering, lengket, urin sedikit, mual, pusing atau kelemahan, segeralah minum air untuk mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang karena aktivitas.
(ir/ir)

Sumber: http://health.detik.com/read/2012/07/16/074620/1965905/766/tidak-cukup-minum-air-setiap-harinya-atasi-dengan-8-cara-ini

 

Tentang ipbkpm

Mengabdi sampai akhir bagi kesejahteraan rakyat Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Info Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s