Cara-cara untuk Menjauh dari Kanker

Merry WahyuningsihdetikHealth

Jakarta – Bila sudah terkena kanker, tak hanya tenaga dan mental yang tersiksa tetapi juga dompet. Kanker memang penyakit mahal, tapi kanker bisa menjauh dengan cara sehat yang mudah dan murah.

“Kanker itu penyebabnya multifaktor, seperti genetik dan gaya hidup. Kalau genetik, memang tidak bisa dicegah tapi bisa dilakukan deteksi dini. Yang bisa dicegah adalah gaya hidup yang buruk,” jelas Dr Ronald Hukom, SpPD, KHOM, dokter ahli kanker dari RS Kanker Dharmais saat berbincang dengan detikHealth, Rabu (27/6/2012).

Agar tak bersinggungan dengan penyakit ini, Dr Ronald pun memberikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar kanker pun menjauh:

1. Deteksi dini

Genetik juga merupakan salah satu faktor penyebab kanker. Oleh karena itu, orang yang memiliki keluarga yang menderita kanker, sebaiknya lakukan deteksi dini dan screening rutin untuk melihat apakah gen kanker juga tumbuh di tubuhnya.

2. Jauhi rokok

Dr Ronald menekankan bahwa rokok adalah penyebab utama dari berbagai kanker. Bila tidak ingin kena kanker, jauhilah rokok. Jangan menjadi perokok aktif maupun pasif. Sebisa mungkin menjauh dari asap rokok yang cepat atau lambat bisa membahayakan tubuh Anda.

3. Pilih makanan sehat

Pola makan yang buruk juga seringkali menjadi biang keladi kanker. Sering makan makanan berlemak, gorengan, junk food atau makanan tak sehat lainnya, dapat menyebabkan kegemukan, salah satu faktor utama yang mengakibatkan sel mutasi kanker berkembang cepat di dalam tubuh.

Perbanyaklah sayur dan buah, kurangi daging, makanan berlemak, makanan cepat saji, gorengan, makanan bergaram dan gula tinggi, serta perbanyaklah minum air putih.

4. Aktif dan banyak bergerak

Melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari adalah cara yang ampuh untuk menjauh dari kanker. Tak perlu berat-berat, cukup lakukan olahraga ringan seperti lari pagi, berenang, aerobik atau hanya jalan-jalan kecil keliling kompleks.

“Itu saja sudah sangat membantu untuk mengurangi risiko kanker,” tegas Dr Ronald.

5. Jauhi alkohol

Selain 3 faktor utama di atas, menjauhi alkohol juga bisa menurunkan risiko kanker. Efek kronis dari pengguna alkohol biasanya mudah ditemukan kelainan di lambungnya. Alkohol akan menyebabkan peradangan kronis pada saluran pencernaan yang membantu erosi sampai tukak usus yang selanjutnya bisa berubah menjadi sel ganas (kanker).

6. Pekerjaan

Bila bekerja di daerah-daerah yang rawan, seperti di perkebunan yang sering terpapar insektisida, pertambangan, radiasi berlebih, sering bersinggungan dengan asbes, sebaiknya juga hati-hati. Harus lebih waspada dengan menggunakan pelindung yang memang sudah direkomendasikan untuk pekerjaan-pekerjaan tersebut.

Sumber: http://health.detik.com/read/2012/06/27/163001/1952360/775/cara-cara-untuk-menjauh-dari-kanker

Tentang ipbkpm

Mengabdi sampai akhir bagi kesejahteraan rakyat Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Info Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s