Pilih Minuman Berenergi atau Air Putih? Lihat Dulu Olahraganya

Linda Mayasari – detikHealth

Jakarta, Ketika berolahraga, cairan dalam tubuh akan keluar melalui keringat dan menimbulkan rasa haus dan dehidrasi. Anda perlu mengganti cairan tubuh dengan meminum minuman berion yang dapat memulihkan energi Anda atau air putih.

Tetapi apakah minum minuman berenergi saat berolahraga lebih baik dari air putih biasa?

“Manfaat dari mengonsumsi minuman berenergi tergantung aktivitas olahraga yang Anda lakukan,” kata Profesor Louise Burke dari Australian Institute of Sport seperti dilansir dari ABC, Minggu (15/4/2012).

Minuman olahraga biasanya mengandung air dan elektrolit, seperti natrium dan kalium untuk menghilangkan dehidrasi dan karbohidrat, seperti gula untuk energi. Minuman ini mampu mengisi cairan tubuh dan menyediakan bahan bakar ekstra untuk kegiatan olahraga dengan durasi yang panjang atau sekitar 90 menit.

“Jika Anda berjalan di atas treadmill dengan tujuan menurunkan berat badan sambil membaca majalah, maka Anda tidak perlu minum minuman berenergi dan cukup minum air putih biasa,” kata Burke.

Profesor Clare Collins, juru bicara Dietitians Association of Australia menyetujui bahwa penggunaan minuman olahraga hanya diperlukan oleh atlet yang melakukan olahraga yang berat saja.

“Atlet memerlukan asupan karbohidrat dalam jumlah besar selama latihan, seperti minuman berenergi yang menyediakan sumber energi alternatif atau tambahan bahan bakar,” “jelas Burke.

Burke dan Collins memperingatkan bahwa, seperti semua minuman berasa asam dan manis, minuman berenergi juga berkontribusi terhadap kerusakan gigi. Jadi penting untuk mempertimbangkan memilih minuman berenergi ketika Anda berolahraga.

Ketika Anda berolahraga hanya untuk menurunkan berat badan atau hanya berolahraga kurang dari satu jam, air putih biasa lebih baik bagi Anda.

Sedangkan jika Anda berolahraga berat dan dalam waktu lebih dari satu jam, Anda dapat memilih meminum minuman berenergi agar Anda tidak mudah lelah.

 (ir/ir)

Sumber: http://health.detik.com/read/2012/04/15/135949/1892786/766/pilih-minuman-berenergi-atau-air-putih-lihat-dulu-olahraganya

 

 

Tentang ipbkpm

Mengabdi sampai akhir bagi kesejahteraan rakyat Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Info Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s