Sibuk Cegah Pikun

Beberapa negara maju menghadapi masalah dengan angka lanjut usia yang terus menggelembung. Namun yang mereka temukan bahwa sebagian diantara mereka masih sehat alias tidak pikun sampai mereka tua sekali. Rahasianya ternyata ada pada kegiatan sehari-hari mereka, alias sibuk.

Pikun sendiri didefinisikan sebagai penurunan kemampuan mental yang biasanya berkembang secara perlahan. Kemudian dilanjutkan dengan terjadinya gangguan ingatan, pikiran, penilaian dan kemampuan untuk memusatkan perhatian dan bisa terjadi kemunduran kepribadian.

Yang paling sering menyebabkan pikun (demensia) adalah Alzheimer, dimana penyakit itu dimukai dengan beberapa bagian otak mengalami kemunduran sehingga terjadi kerusakan sel atau berkurangnya respon yang menyalurkan sinyal ke dalam otak.

Gejala Demensia biasanya dimulai secara perlahan dan makin lama makin parah sehingga keadaan ini pada mulanya tidak disadari. Terjadinya penurunan dalam ingatan, kemampuan untuk mengingat waktu dan kemampuan mengenali orang, tempat atau benda.

Penderita juga memiliki kesulitan dalam menemukan dan menggunakan kata yang tepat dan sering terjadi perubahan kepribadian. Sering lupa akan kejadian yang dialami dan pertanyaan atau kata-kata sering diulang-ulang.

Tips menghindari atau mencegah demensia sebenarnya cukup mudah, yaitu menjaga agar pikiran aktif, tetap beraktivitas fisik dan sosial, pertahankan pola makan yang sehat serta tetap mengembangkan hobi dan kegiatan yang bermanfaat. Jadi, bila memiliki kerabat yang telah berusia lanjut, janganlah menghentikan kegiatan mereka yang menyenangkan. Karena berkegiatan atau selalu sibuk untuk lanjut usia akan sangat menolongnya untuk mencegah kemunduran fungsi otak alias pikun.

Sumber: http://www.kabarinews.com/article/Berita_Indonesia/Kesehatan/Sibuk_Cegah_Pikun/38084

 

Tentang ipbkpm

Mengabdi sampai akhir bagi kesejahteraan rakyat Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Info Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s