Bumbu Dapur untuk Kesehatan

Sesak napas, sakit gigi, dan perut kembung memang mengganggu. Keluhan ini bisa dialami siapa saja. Sebelum ke dokter atau mengonsumsi obat untuk meredakannya, cobalah tengok dulu bumbu dapur yang kita punya, kita akan temukan bahan atau bumbu sebagai pertolongan pertama.

Keluhan sesak nafas

Obat alami: cabai, paprika, merica

Bisa dipicu oleh udara dingin, infeksi sinus, alergi atau parfum yang menyengat. Cobalah mengonsumsi makanan pedas yang mengandung banyak cabai. Capsaicin, senyawa yang memberikan rasa pedas pada cabai, diketahui bisa melebarkan pembuluh darah di hidung, yang membantu meredakan hidung tersumbat. Anda juga bisa mengonsumsi makanan pedas lain yang mengandung wasabi.

Bila sakit gigi

Obat alami: Cengkih

Bila gigi terasa ngilu coba kunyah dua buah cengkih. Seperti dilansir Prevention, menurut penelitian tim dari University of California, Los Angeles, mengunyah cengkih bisa mengurangi nyeri pada gigi dan gusi.

Eugenol, zat yang terdapat dalam cengkeh bisa berfungsi sebagai pembunuh bakteri. Penyimpanan cengkeh harus diperhatikan karena cengkeh berjamur bila diletakkan di tempat yang lembab. Sangat penting menyimpan cengkeh di tempat yang kering agar khasiatnya tak berkurang.

Jika Perut kita kembung

Obat alami: Jahe

Jahe selain menjadi minuman hangat, juga ampuh untuk perut mual dan kembung. Menurut penelitian Central Food Technological Research Institute, jahe juga bisa menguatkan pencernaan kita. Jahe mengandung dua bahan aktif yaitu gingerol dan kurkumin yang bisa secara cepat memecah protein dan lemak dan membantu melarutkan gelembung gas. Termasuk, mencegah kejang otot yang menyakitkan di dinding usus.

Bila haid disertai nyeri

Obat alami: Semangkuk kacang-kacangan rebus dan segelas susu rendah lemak.

Seringkali wanita datang bulan disertai nyeri yang luar biasa. Bahan dari dapur yang dapat mengatasi adalah kacang tanah atau kacang kedelai (edamame). Jika mungkin, konsumsilah makanan tinggi serat dan kaya protein satu minggu sebelum haid. Keduanya akan membantu kestabilan kadar gula dalam darah. Ini penting, karena gula darah yang tidak stabil membuat Anda jadi lebih sensitif saat haid.

Penelitian juga menemukan, wanita yang mengonsumsi karbohidrat kompleks dan makanan kaya serat, bisa mengurangi perasaan sensitif sesaat sebelum haid.

Sumber: http://www.kabarinews.com/article/Berita_Indonesia/Kesehatan/Bumbu_Dapur_untuk_Kesehatan/38058

 

Tentang ipbkpm

Mengabdi sampai akhir bagi kesejahteraan rakyat Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Info Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s