Dulu Perutnya Rata, Kok Sekarang Buncit?

Vera Farah Bararah – detikHealth

Jakarta, Kasus perut buncit makin banyak dialami orang, akibatnya punya perut rata kini sudah makin langka. Bisakah orang selamanya perutnya rata? Kenapa dulu perutnya rata, tapi kenapa sekarang buncit?

Dari banyak faktor yang menyebabkan perut buncit, sebenarnya ada dua masalah utama yang menjadi pangkal penyebabnya yakni pola makan yang berubah alias berlebihan karena menuruti nafsu dan kurangnya olahraga atau malas bergerak.

“Penyebab utama atau yang paling banyak untuk perut buncit itu akibat makan berlebihan dan kurang olahraga,” ujar Dr Samuel Oetoro, MS, SpGK saat dihubungi detikHealth, Rabu (16/5/2012).

Dr Samuel menuturkan pada orang yang berusia di atas 30 tahun cenderung lebih mudah memiliki timbunan lemak di perut terutama laki-laki. Jika perutnya buncit maka berisiko mengalami resistensi insulin, kerjanya tidak optimal yang nantinya bisa menyebabkan diabetes, hipertensi dan jantung.

“Semakin bertambah usia, maka metabolisme atau proses pembakarannya melambat. Jika seseorang kebanyakan makan maka lemak yang masuk ini akan menumpuk di perut,” ungkapnya.

Selain itu diketahui ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan orang memiliki perut buncit, seperti kelebihan berat badan, otot perut yang berlemak, postur tubuh buruk, terlalu banyak mengonsumsi alkohol, stres dan kelebihan hormon.

Dr Samuel menjelaskan cara yang paling tepat untuk mengurangi penumpukan lemak di perut adalah dengan mengurangi makan atau mengatur pola makannya, berolahraga secara teratur dan mengubah perilaku (behaviour).

“Penurunan lemak di perut ini berbeda-beda tiap orang, salah satunya tergantung dengan kondisi tubuhnya. Namun yang terpenting adalah makan tidak berlebihan dan olahraga aerobik seperti jalan kaki, sepeda atau berenang,” ujar Dr Samuel.

Asal ingat tidak makan berlebihan dan rajin bergerak maka perut rata pun bisa didapati orang sampai waktu yang lama.
(ver/ir)

 

Sumber: http://health.detik.com/read/2012/05/16/104545/1918203/775/dulu-perutnya-rata-kok-sekarang-buncit

 

Tentang ipbkpm

Mengabdi sampai akhir bagi kesejahteraan rakyat Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Info Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s