Obat Herbal Mulai Jadi Pilihan

BANDUNG – PT Sidomuncul bersama Universitas Maranatha serta Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI) Jawa Barat menggelar simposium mengenai “Pemanfaatan Herbal Medik sebagai Paradigma Baru dalam Bidang Pelayanan Kesehatan” di Gedung Baru, kampus Marantha, kemarin.

Rektor Universitas Maranatha Felix Kasim mengatakan, herbal medik saat ini mulai menarik perhatian berbagai pihak, baik kalangan akademisi maupun praktisi termasuk kalangan dunia kedokteran. “Saat ini,Departemen Kesehatan telah menetapkan herbal medik masuk dalam pelayanan kesehatan primer dengan disiapkannya 12 rumah sakit pemerintahan yang dilengkapi klinik herbal dan 30 puskesmas disertai pojok jamu,” kata Felix.

Selain itu,kata dia,pengembangan herbal medik juga merupakan amanat UU No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.“ Bahkan WHO telah merekomendasikan penggunaan obat tradisional termasuk herbal dalam pemeliharaan kesehatan masyarakat,” paparnya. Dirut Sidomuncul Irwan Hidayat menceritakan pengalamannya dalam menggunakan herbal medik. Saat kecil, dirinya memang sudah terbiasa mengonsumsi obat herbal dibandingkan yang obat kimia.

Hal itu sudah dibuktikan selama puluhan tahun. “Menurut saya,obat-obatan kimia mempunyai efek samping dalam dua sisi, seperti pisau bermata dua”. “Di satu sisi obat-obatan kimia memang bisa menyembuhkan satu penyakit,namun di sisi lain efek samping mengonsumsi obat-obatan kimia secara rutin akan menimbulkan penyakit baru,” papar Irwan saat memberikan kuliah umumnya sesuai penandatanganan lanjutan MoU dengan Universitas Maranatha, kemarin.

Dia menjelaskan, PT Sidomuncul selalu melakukan penelitian dan riset sebelum memproduksi barang yang siap dipasarkan kepada masyarakat. “Kami selalu mengedepankan penelitian dan riset mendalam oleh profesional dan para ahli obat herbal tradisional Sidomuncul sebelum produk dilempar ke pasar,”ujar dia. yugi prasetyo

Sumber: http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/494405/

 

Tentang ipbkpm

Mengabdi sampai akhir bagi kesejahteraan rakyat Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Berita IP-BKPM. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s