Kolestrol Juga Bisa Melawan Kanker

Desika Pemita

Liputan6.com, Vancouver: Kolestrol yang dianggap berbahaya bagi kesehatan ternyata juga memiliki nilai postif. Berdasarkan penelitian, kolestrol bisa melawan kanker. Penelitian yang dilakukan Universitas Simon Fraser di Vancouver, Kanada, menemukan, kolesterol dapat memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker dengan kandungan protein di dalamnya.

Para ilmuwan menemukan kolesterol bergerak di sekitar sel-sel di dalam lemak kanker. Sel pada kolestrol memperkuat membran luar mereka dan mulai melawan protein kanker. “Asumsinya adalah mengikat ORP dan sel kolesterol dengan cara yang sama. Lalu, bagaimana lipoprotein mengikat dan bergerak di sekitar luar sel lemak melalui aliran darah,” ungkap Chris Beh, salah seorang peneliti.

Perubahan genetik rekayasa terjadi sehingga sel memiliki kemampuan untuk mengikat ORP kolesterol. Bahkan, ORP diubah lebih baik dan mengaktifkan protein regulator lainnya dan memicu berbagai proses seluler yang merangsang pertumbuhan sel. Sebaliknya, kolesterol mengikat rem pada kemampuan ORP untuk mengikat lipid atau lemak PI4P. Akibatnya, pertumbuhan sel kanker yang sangat cepat itu menjadi lambat.

“Senyawa alami yang terlihat seperti steroid atau kolesterol dapat membunuh spektrum yang luas dari sel-sel kanker yang berbeda,” tambah Chris.

Pertumbuhan sel yang tidak terkendali adalah fitur kunci dari kanker. Para peneliti memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang tujuan sebenarnya dari sel pengikat kolesterol yang penting dalam pengobatan kanker.(ZeeNews/ADO)

Sumber:  http://kesehatan.liputan6.com/read/391194/kolestrol-juga-bisa-melawan-kanker

 

Tentang ipbkpm

Mengabdi sampai akhir bagi kesejahteraan rakyat Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Info Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s