Kesemutan Di Kaki

Mewaspadai Kesemutan Di Kaki

Kesemutan di kaki perlu diwaspadai bila terjadi terlalu sering. Sebenarnya, kesemutan di kaki dapat terjadi karena salah duduk sehingga otot menjadi menegang. Secara medis, kesemutan dapat terjadi pada bagian tubuh tertentu atau bila ada iritasi di serabut syaraf sehingga ini dapat menyebabkan rasa dingin atau panas dan disebut dengan nama parestesia atau kesemutan. Pada umumnya, kesemutan dapat terjadi karena ada syaraf atau pembuluh darah yang mendapatkan tekanan, misalnya terjadi di kaki terjadi saat duduk terlalu lama, menekuk bagian tubuh terlalu lama, sehingga aliran darah tidak mengalir secara lancar. Kesemutan dapat terjadi di tangan, lengan dan juga kesemutan di kaki.

 Penyebab Umum Kesemutan Di Kaki

Kesemutan di kaki dapat terjadi karena berbagai sebab. Misalnya, anda menggunakan sepatu terlalu sempit atau berat badan anda berlebihan sehingga ini akan menekan syaraf di kaki. Akibatnya, peredaran darah tidak lancar. Selain karena masalah tersebut, kesemutan di kaki juga dapat terjadi karena seseorang menderita penyakit kencing manis, kurang gerak, kekurangan vitamin B12, dan masalah pembuluh darah. Jika kesemutan di kaki hanya merupakan masalah ringan, hal ini dapat dihilangkan dengan cara mengibas-ibaskan kaki. Namun, bila anda mempunyai masalah kesehatan lain, kesemutan di kaki patut anda waspadai karena rasa sakit ini berhubungan dengan syaraf. Bila anda mengabaikannya, bisa saja kesemutan ini  dapat menyebabkan masalah kesehatan lain. Jadi, sebelum terlambat, anda perlu mewaspadai apa sebenarnya penyebab dari kesemutan di kaki.

Kesemutan Di Kaki Yang Perlu Diwaspadai

Kesemutan di kaki yang terjadi terlalu sering dapat menjadi tanda bila anda mempunyai penyakit tertentu. Bila kesemutan di kaki hanya terjadi karena tekanan pada daerah tertentu dan dapat segera dihilangkan, maka kesemutan itu tidak berbahaya. Namun bila kesemutan di kaki kemudian menjalar ke bagian tubuh lain seperti lengan, paha, dan lutut, maka anda perlu memberikan perhatian lebih. Ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter agar anda tahu apa sebenarnya yang menyebabkan kesemutan di kaki dan terjadi terlalu sering. Jangan sampai anda terlambat mencari tahu penyebab utamanya karena deteksi dini untuk penyakit yang anda derita menjadi terlambat. Penyakit yang bisa saja terjadi karena masalah kesemutan di kaki adalah masalah pada otot, sum-sum tulang belakang, masalah otak, jantung, kencing manis, dan rematik. Jadi, sebelum penyakit serius menghampiri anda, ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter tentang kesemutan di kaki.

Sumber:  http://www.dunia-ibu.org/artikel/kesehatan/kesemutan-di-kaki.html

 

Tentang ipbkpm

Mengabdi sampai akhir bagi kesejahteraan rakyat Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Info Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s