Makan Telur Pertajam Indera Anda

Rahma Lillahi Sativa – detikHealth

Jakarta, Sebagai orang yang sehat, Anda tentu perlu menambahkan telur dalam pola makan. Selain menyediakan protein harian Anda, telur pas dikonsumsi oleh orang yang sedang diet karena membuat Anda merasa cepat kenyang. Faktanya menurut Rochester Center for Obesity di Michigan, hanya makan 2 telur setiap pagi, asupan Anda akan berkurang lebih dari 400 kalori.

Manfaat lain yang ditawarkan telur adalah perlindungan terhadap indera penglihatan. Kandungan antioksidan lutein dalam kuning telurnya akan melawan kerusakan retina mata. Hal ini karena lutein menghentikan berbagai peradangan pada pigmen makula yang melindungi retina Anda dari sinar yang berbahaya.

Ingin meningkatkan kemampuan otak Anda? Seperti dilansir dari NewKerala, Kamis (26/4/2012), telur juga bisa membantu memori Anda karena sebuah kuning telur saja mampu memberikan 300 mcg kolin.

Kolin merupakan salah komponen terkuat asetilkolin yang terbukti mampu memberikan fleksibilitas pada neuron dalam otak sehingga menjaga memori Anda tetap utuh. Dengan menelan sebutir telur, Anda juga telah membantu neuron menerima, memproses dan menyimpan berbagai informasi dengan lebih cepat dan lebih efisien.

Tidak hanya itu saja, telur juga mampu mencegah infeksi saluran kemih. Hal ini karena telur mengandung peptida yang ditemukan dalam putih telur sebagai protein yang mengikat bakteri E.coli yang menular dan tidak membiarkan mereka kait pada dinding saluran kemih.

Sebuah studi di Harvard School of Public Health juga menemukan bahwa tak ada kaitannya antara konsumsi telur dengan penyakit jantung. Malahan beberapa studi menunjukkan bahwa telur mampu meningkatkan perlindungan tubuh melawan stroke dan serangan jantung.

Hebatnya lagi, telur hanya mengandung 1,5 gram lemak jenuh yang berkontribusi pada peningkatan kolesterol dan 5 gram lemak “baik”. Selain menyehatkan, telur juga berkontribusi terhadap komponen mendasar kecantikan tubuh Anda seperti menyediakan asupan sulfur, vitamin dan mineral bagi rambut dan kuku Anda.

(ir/ir)

Sumber: http://health.detik.com/read/2012/04/26/074638/1901760/766/makan-telur-pertajam-indera-anda

 

Tentang ipbkpm

Mengabdi sampai akhir bagi kesejahteraan rakyat Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Info Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s