Wah, Gejala Pikun Sudah Muncul di Usia 45

REPUBLIKA.CO.ID, Jangan dikira gejala pikun baru muncul ketika kita sudah berusia 60 tahun. Ternyata, dari hasil penelitian British Medical Journal (BMJ), gejala penurunan kemampuan kognitif itu bisa terjadi lebih awal, yaitu sekitar usia 45 tahun.

Untuk sampai pada kesimpulan itu, sejumlah peneliti yang berasal dari Prancis dan Inggris mengobservasi sekitar 5.200 pria dan 2.200 perempuan dalam periode 10 tahun sejak 1997. Para sukarelawan itu adalah PNS di London yang berusia 45-70 tahun.

Hasil riset itulah yang membuat para peneliti menyimpulkan mulai terjadi penurunan kemampuan kognitif sejak dini. ”Penurunan itu mulai tampak pada usia pertengahan,” demikian laporan jurnal itu seraya merinci bahwa usia yang dimaksud adalah 45-49 tahun.

Tak ayal, perubahan itu akan berdampak hebat untuk kehidupan setiap individu. ”Kemampuan kognitif yang buruk boleh dibilang menjadi satu-satunya hal yang paling menyulitkan ketika kita berusia lanjut.”

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/12/01/06/lxdgkm-wah-gejala-pikun-sudah-muncul-di-usia-45

 

Tentang ipbkpm

Mengabdi sampai akhir bagi kesejahteraan rakyat Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Info Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s