Jangan Berolahraga dengan Perut Kosong

Merry Wahyuningsih – detikHealth

Jakarta, Banyak orang yang sengaja berolahraga dengan perut kosong karena beranggapan hal tersebut dapat membakar lebih banyak lemak. Sayangnya, berolahraga dengan perut kosong justru dapat membahayakan tubuh. Jadi, hindarilah berolahraga dalam keadaan perut kosong.

Sebagian orang percaya pada teori bahwa berolahraga dengan perut kosong akan membuat tubuh menggunakan cadangan lemak untuk diubah menjadi energi, bukan glukosa atau karbohidrat yang mungkin tersedia dari makanan atau minuman yang dikonsumsi sebelum berolahraga.

Namun studi berkata lain. Sebuah temuan baru menunjukkan bahwa berolahraga dengan perut kosong tidak menawarkan manfaat apapun dan benar-benar dapat bekerja melawan tubuh Anda.

Menurut sebuah laporan terbaru yang diterbitkan tahun ini dalam jurnal kebugaran di AS, telah ditetapkan bahwa tubuh membakar jumlah lemak yang sama, terlepas apakah Anda makan sebelum atau setelah olahraga, seperti dilansir timesofindia, Kamis (19/4/2012).

Tapi masalahnya muncul pada kenyataan bahwa Anda akan kehilangan massa otot bila berolahraga dalam keadaan kelaparan. Studi ini juga menemukan bahwa tanpa makanan untuk membantu latihan, intensitas latihan dan pembakaran kalori total akan terkurangi.

Jadi, olahraga dengan perutkosong tidak hanya membuat Anda kelelahan dan lemas, tetapi mengurangi otot dan tidak ada energi untuk membakar lebih banyak lemak.

Studi juga menemukan bahwa ketika orang makan dengan porsi ringan sebelum olahraga, sekitar 10 persen dari kalori yang dibakar berasal dari protein, termasuk otot.

Dan dari studi sebelumnya, peneliti telah menemukan bahwa makan porsi ringan sebelum olahraga akan menguntungkan. Orang yang mengonsumsi 45 gram karbohidrat sebelum latihan akhirnya akan makan lebih sedikit sepanjang harinya.

Para ahli sekarang banyak yang menyarankan untuk makan porsi ringan seperti gandum atau bahkan milkshake sebelum latihan. Ini akan mendapatkan lebih banyak manfaat dari waktu yang dihabiskan di gym. Untuk orang yang ingin memperbesar otot, sangat dianjurkan untuk berolahraga dengan makan telur atau milkshake terlebih dahulu.

(mer/ir)

Sumber: http://health.detik.com/read/2012/04/19/074545/1895940/766/jangan-berolahraga-dengan-perut-kosong

 

Tentang ipbkpm

Mengabdi sampai akhir bagi kesejahteraan rakyat Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Info Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s