Kelebihan dan kekurangan Obat Herbal

Diposkan oleh: Pajru Ridha

Jaman sekarang mulai banyak orang yang mulai mencoba untuk menkonsumsi obat-obatan herbal atau yang lebih dikenalnya dengan istilah jamu,selain bahan-bahannya yang alami dan diangggap minim resiko obat herbal ini pun biasanya lebih murah dibanding obat-obatan lainnya,

Obat-obatan  herbal muncul didunia pengobatan jauh sebelum obat-0batan farmasi diproduksi,jaman dahulu nenek moyang kita menggunakan bahan-bahan dari alam untuk menanggulangi berbagai macam masalah kesehatan yang mereka hadapi,mulai dari daun-daunan,akar-akaran mempunyai khasiat sebagai obat,dan tak heran jika sekarang dicina para tabib terkenal pun masih menggunakan obat herbal sebagai senjata andalan mereka.diindonesia pun demikian, obat herbal pun mulai bermunculan dalam bentuk jamu yang menjanjikan khasiat yang bermacam-macam,hal ini wajib kita syukuri karena dibalik tekhnologi obat-obatn kimia yang makin maju,Perusahan jamu pun tidak mau kalah bersaing.

Sekarang lagi mari kita mengulas tentang kelebihan serta kekurangan dari obat-obatan herbal tersebut:

Keuntungan

1.Obat herbal cendenrung lebih efektif untuk keluhan kesehatan jangka panjang,dikarenakan obat herbal cenderung memiliki efek samping yang lebih sedikit dan aman untuk dikonsumsi setiap hari dalam jangka waktu lama.

2.Biaya atau harga murah,tak bisa dipungkiri obat tradisional memang lebih ekonomis dibanding dengan obat-obatan farmasi sekarang ini,dan malahan obat herbal tersebut terkadang ada dilingkungan rumah kita sendiri sehingga tidak memerlukan biaya untuk medapatkannya misalnya tanaman apotik hidup.

3. Ketersediaan obat,untuk mendapat kan obat herbal kita lebih mudah dikarenakan batherbal tersebut lebih dijual bebas dan tidak memerlukan resep untuk mendapatkannya.

Kekurangan

1.obat herbal tidak bisa mengobati penyakit serius dan penyakit yang sipatnya perlu penanganan yang cepat.contohnya penyakit yang perlu tindakan pembedahan,penyakit jantung,stroke dan lain-lain.

2.Ketidak tepatan dosis,hal ini lebih mudah terjadi pada obat-obatan herbal yang kemasan nya tidak lengkap,seperti tobat yang tanpa disertai dosis,aturan minum dan sebagainya.

Sebenarnya obat-obatan herbal dapat dikonsumsi  bersamaan dengan obat-obatan farmasi dan bisa menimbulkan efek yang menunjang terhadap pengobatan asalkan disertai dengan pengawasan penuh oleh tenaga ahli,

Diakhir tulisan ini saya sarankan kepada anda untuk berhati-hati dalam menggunakan obat-obatan jenis apapun baik herbal maupun non herbal karena kalau sampai terjadi kekeliruan dalam menkonsumsi obat,

Sumber: http://wacanahidupsehat.blogspot.com/2012/04/kelebihan-dan-kekurangan-obat-herbal.html

 

Tentang ipbkpm

Mengabdi sampai akhir bagi kesejahteraan rakyat Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Info Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s