Aspirin Menjauhkan Orang dari Kanker

Rahma Lillahi Sativa – detikHealth

Jakarta, Aspirin umumnya digunakan untuk memerangi rasa sakit atau mengurangi demam. Tapi dalam perjalanannya obat ini pun mampu mengurangi risiko penggumpalan di pembuluh darah pada penderita jantung dan stroke. Kini aspirin juga bisa menjauhkan orang dari kanker.

Minum aspirin sehari dapat membantu mencegah, bahkan mungkin mengobati kanker. Penelitian yang dipimpin oleh Peter Rothwell dari Universitas Oxford menemukan bahwa aspirin memiliki keuntungan jangka pendek dalam pencegahan kanker.

“Aspirin pun mengurangi kemungkinan penyebaran kanker ke organ lain sekitar 40-50 persen. Hal ini sangat penting karena proses penyebaran kanker atau yang biasa disebut dengan metastasis-lah yang paling banyak membunuh orang,” kata Rothwell seperti dilansir dari Reuters, Senin (26/3/2012).

Studi sebelumnya pada tahun 2007, 2010 dan 2011 telah menemukan bahwa konsumsi aspirin sehari, bahkan pada dosis rendah yaitu sekitar 75 miligram, mampu mengurangi risiko jangka panjang beberapa jenis kanker, terutama kanker usus dan esofagus, namun efeknya tidak terlihat dalam 8-10 tahun setelah dimulainya pengobatan.

Menanggapi hal itu, dalam studi terbarunya yang dipublikasikan di jurnal The Lancet dan The Lancet Oncology, Rothwell mengakui bahwa keterlambatan itu disebabkan karena aspirin hanya mencegah perkembangan awal kanker dan ada jeda waktu panjang diantara tahapan ini.

Rothwell dan timnya menyatakan studi lebih lanjut tentang aspirin sebagai sebuah pengobatan potensial terhadap kanker pada penderita yang penyakitnya belum menyebar pun masih dibutuhkan.

“Tidak pernah ada obat yang mampu mencegah metastasis sebelumnya dan penemuan ini harus difokuskan pada penelitian tentang aspek krusial pengobatan ini di masa depan,” kata Rothwell.

Aspirin dikembangkan oleh Bayer sebagai obat yang umumnya digunakan untuk memerangi rasa sakit atau mengurangi demam. Obat ini pun mampu mengurangi risiko penggumpalan di pembuluh darah sehingga mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.

Namun di sisi lain, aspirin juga terbukti meningkatkan risiko pendarahan di perut bagi satu pasien per 1000 orang/tahun. Fakta ini memicu perdebatan sengit diantara para dokter untuk menganjurkan penggunaan dosis harian aspirin pada pasien mereka atau tidak.

(ir/ir)

Sumber: http://health.detik.com/read/2012/03/26/111901/1876195/769/aspirin-menjauhkan-orang-dari-kanker?l1101755hl

 

 

Tentang ipbkpm

Mengabdi sampai akhir bagi kesejahteraan rakyat Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Info Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s