5 Hal yang Baik Dikonsumsi Saat Sedang Stres Berat

Linda Mayasari – detikHealth

Jakarta, Stres karena beban pekerjaan yang berat dan tekanan dari berbagai pihak dapat menyebabkan depresi pada seseorang. Akibatnya seseorang akan diliputi perasaan sedih, sering merasa kelelahan, kehilangan semangat hidup dan pola tidurnya terganggu.

Ada banyak macam obat untuk mengatasi depresi, akan tetapi semua jenis obat tentu mempunyai efek samping yang berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka panjang. mengatasi depresi dapat dilakukan dengan cara yang lebih sehat, misalnya dengan meningkatkan nutrisi pada otak.

Berikut 5 jenis makanan yang dapat mengurangi depresi seperti dikutip dari naturalnews, Senin(26/3/2012) antara lain:

1. Minyak Ikan
Berdasarkan penelitian tahun 2002 yang ditampilkan dalam Archives of General Psychiatry menunjukkan bahwa orang yang depresi seringkali kekurangan asam lemak yang dikenal sebagai EPA.

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan EPA dalam tubuh. Omega-3 juga terakndung dalam biji kenari, biji rami dan ikan salmon atau tuna.

2. Beras Merah
Beras merah mengandung vitamin B1, vitamin B3 dan asam folat. Beras merah merupakan jenis makanan yang dapat melepaskan glukosa ke dalam aliran darah secara bertahap, sehingga dapat mengendalikan perubahan mood.

Beras merah mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, juga berserat tinggi yang dapat memperlancar sistim pencernaan dan menurunkan kolesterol.

3. Ragi
Ragi mengandung vitamin B1, B2, B3, 16 asam amino dan 14 mineral. Asam amino penting bagi sistem saraf, yang membuat ragi dapat mengatasi depresi. Ragi dapat dicampurkan ke dalam jus yang dikonsumsi sehari-hari.

4. Oatmeal
Oatmeal mengandung asam folat, asam pantotenat dan vitamin B6 dan B1 yang dapat membantu menurunkan kolesterol, melancarkan saluran pencernaan dan mengendalikan mood.

5. Kubis
Kubis banyak mengandung vitamin C dan asam folat. Mengonsumsi kubis dapat mencegah stres, infeksi dan penyakit jantung, serta banyak jenis kanker, menurut American Association for Cancer Research.

Selain dari makanan, depresi atau stres berat juga dapat diatasi dengan melakukan beberapa hal berikut:
1. Beraktivitas di pagi hari agar terkena sinar matahari.
Sinar matahari pagi adalah obat yang ampuh untuk mengatasi depresi.

2. Terlibat dalam latihan rutin minimal tiga kali per minggu.
Latihan mengontrol mood dan cara berpikir yang positif.

3. Menonton acara komedi.
Tertawa karena hal-hal lucu merupakan obat yang baik untuk orang depresi.

4. Konsumsi suplemen makanan herbal yang berkualitas untuk mendapatkan obat yang lebih alami dari dunia tanaman.

(ir/ir

Sumber: http://health.detik.com/read/2012/03/26/085942/1876003/766/5-hal-yang-baik-dikonsumsi-saat-sedang-stres-berat

 

Tentang ipbkpm

Mengabdi sampai akhir bagi kesejahteraan rakyat Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Info Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s