Minuman Kulit Manggis Dipatenkan

Ditulis: Muhammad Ali

Liputan6.com, Padang: Temuan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat terkait minuman kesehatan dari kulit buah manggis telah dipatenkan Ditjen Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia pada Juni 2011.

“Alhamdulillah pada Juni 2011 temuan BPTP minuman yang terbuat dari kulit manggis sudah dipatenkan,” kata Kepala BPTP Sumbar, Prama Yufdi, didampingi penemu minuman kesehatan kulit manggis, Kasma Iswari, di Arosuka, belum lama ini.

Menurut Prama Yufdi, pengajuan hak paten tersebut sudah dilakukan sejak 2006. Setelah penantian panjang dari Kemenkum HAM, akhirnya permintaan tersebut dikabulkan dengan nomor ID P0028639 B, 30 Juni 2011.

Dikatakannya, setelah dihakpatenkan temuan itu akan dilisensikan kepada PT Zena Nirmala Sentosa yang berproduksi di Bogor dengan sistem royalti.

“Karena kita tidak mungkin untuk memasarkannya, makanya hak paten tersebut kita lisensikan kepada pihak PT Zena Nirmala Sentosa agar kemudian bisa dipasarkan untuk konsumsi masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan, proses penelitian minuman yang dibuat dari bahan baku kulit buah manggis itu sudah dimulai sejak 2005 dengan melibatkan setidaknya 40 orang tenaga ahli dari BPTP Sumbar. Menurutnya, sari kulit buah manggis memiliki kandungan xanthon (kumpulan senyawa) yang diprediksi bisa mencegeah tumbuhnya kanker dan tumor. Selain itu, dalam sari kulit buah berwarna ungu kehitaman ini terdapat banyak vitamin, diantaranya vitamin A, semua vitamin B, kalsium, dan sebagainya.

Perusahaan yang memasarkan produk sari kulit buah manggis diproduksi dalam bentuk kapsul dan jamu.

“Informasi terakhir yang saya ketahui semua proses perizinannya sudah rampung, berkemungkinan dalam Maret 2012 sudah bisa dipasarkan,” katanya. (ANT/MEL)

Sumber: http://kesehatan.liputan6.com/read/380846/minuman-kulit-manggis-dipatenkan

 

 

Tentang ipbkpm

Mengabdi sampai akhir bagi kesejahteraan rakyat Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Info Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s